Sabtu, 30 Oktober 2010

Analisis Film Brokeback mountain




Pemain: Heath Ledger, Jake Gyllenhaal, Michelle Williams, Anne Hathaway, Randy Quaid, Scott Michael Campbell, Anna Farris

Sinopsis Film:

Film Brokeback Mountain berkisah tentang hubungan cinta homoseksual dua koboi Amerika. Brokeback Mountain memulai adegannya dengan pertemuan Ennis del Mar dan Jack Twist, di Wyoming, negara bagian wilayah barat tengah Amerika Serikat. Dua orang lelaki yang bertemu di sebuah peternakan domba pada tahun 1963 dan secara tak terduga, menjalin hubungan yang intim. Setelah tugas mereka selesai, mereka kembali ke kehidupan masing-masing dan lalu memperoleh istri dan anak-anak. Meskipun telah mendapatkan kehidupan yang 'normal', ternyata keduanya masih memendam asmara terhadap satu sama lain. Mereka mulai kembali berhubungan melalui kartu pos dan bertemu setiap beberapa lama sekali. Sepanjang waktu tersebut, keduanya harus bertahan menghadapi tekanan keluarga dan masyarakat serta kekhawatiran akan terungkapnya hubungan mereka. Saat bekerja sebagai koboi penggembala, keduanya menjadi intim dan saling jatuh cinta. Setelah masa kerja usai, kedua pemuda itu berpisah dan menjalani hidupnya sendiri-sendiri layaknya pria di Amerika Barat. Mereka masing-masing menikah dan hidup berkeluarga.

Analisis Film :

Homoseksual adalah ketertarikan seksual terhadap jenis kelamin yang sama (Feldmen, 1990, hal.359). Ketertarikan seksual ini yang dimaksud adalah orientasi seksual, yaitu kecenderungan seseorang untuk melakukan perilaku seksual dengan laki-laki atau perempuan (Nietzel dkk.,1998, hal.489). Homoseksualitas bukan hanya kontak seksual antara seseorang dengan orang lain dari jenis kelamin yang sama tetapi juga menyangkut individu yang memiliki kecenderungan psikologis, emosional dan sosial terhadap seseorang dengan jenis kelamin yang sama (Kendall dan Hammer, 1998, hal.375).

Ennis del Mar dan Jack Twist menjadi homoseksual diakibatkan karena pengaruh lingkungan saat mereka sedang menggembala ternak di gunung. Di gunung tersebut mereka hanya berdua sehingga hubungan diantara keduanya menjadi lebih dekat. Kemudian hormon cinta lama-kelamaan timbul karena Jack Twist mempunyai perhatian lebih kepada Ennis del Mar. Hormon cinta tersebut dapat timbul karena adanya suatu ketertarikan. dan karena sikap Jack Twist yang selalu baik pada Ennis del Mar. Ditambah lagi dengan mereka telah melakukan hubungan Anal Sex, hal itu semakin memperkuat hubungan diantara keduanya sehingga menjadi saling menyayangi. Hormon cinta yang dimaksud adalah dopamine. Dijelaskan bahwa hormon ini bekerja selayaknya kokaine. Ketika kita bertemu seseorang yang kita sukai, hormon dopamine ini bekerja dan sifatnya addictive. Mereka yang menyukai pasangannya seakan-akan ketagihan untuk terus bertemu dengan orang yang disukainya itu.Akhirnya mereka berdua pun jatuh cinta dan saling menyangi satu sama lain.

Dari film ini kita dapat melihat Ennis dan Jack yang terus mempertahankan hubungan mereka. Salah satu penyebabnya karena kepuasan yang mereka peroleh dari hubungan yang mereka jalin. Kepuasan ini tidak dapat mereka peroleh dari hubungan dengan orang lain (misalnya dengan perempuan). Walaupun mereka berusaha untuk melupakan perasaan itu dengan cara menikahi perempuan dan menjalin kehidupan seksual seperti layaknya pasangan normal, namun cara ini tidak berhasil karena mereka tetap membutuhkan satu sama lain. Pengalaman yang mereka alami memberi penghayatan yang berbeda, sehingga mereka tidak dapat melupakan pengalaman tersebut. Pada akhirnya hubungan pernikahan dengan lawan jenis hanya menjadi salah satu upaya mereka untuk mempertahankan hubungan tanpa mendapatkan pandangan negatif dari lingkungan.

Bagi Ennis, hubungannya dengan Jack memberikan perasaan bebas pada diri Ennis. Ketika bersama Jack, Ennis dapat melupakan permasalahan kehidupan yang ia hadapi, seperti mencari uang, mengurus anak dan lain-lain. Saat bersama Jack, ia dapat melakukan apa pun yang dia inginkan, bersenang-senang, dan melupakan permasalahan yang ia hadapi. Dengan pergi ke Brokeback Mountain, ia juga dapat pergi ke tempat sepi di mana di sana ia bisa bebas tanpa memperdulikan pendapat orang lain. Oleh karena itu, ia terus mempertahankan hubungannya dengan Jack.

Bagi Jack sendiri, ia merasa menjadi penting dan dibutuhkan ketika berada bersama dengan Ennis. Ketika berada di rumah, ia merasa bahwa istrinya terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Dan ketika Jack bertemu kembali dengan Ennis, Ennis menunjukkan rasa rindu yang mendalam dan menggambarkan bahwa Ennis sangat membutuhkan Jack. Perasaan penting dan dibutuhkan ini membuat Jack tidak dapat berpisah dan terus mempertahankan hubungannya dengan Ennis. Selain perasaan dibutuhkan, terdapat kepuasan seksual yang didapatkan oleh Jack (dan juga oleh Ennis) dalam hubungan seksual yang mereka lakukan.

Pada dasarnya tiap orang memiliki keinginan untuk bergantung kepada orang lain dan dimanjakan oleh pasangannya. Jika ia menjalin hubungan dengan lawan jenis, posisi Ennis maupun Jack sebagai laki-laki mengharuskan mereka untuk memberikan pemanjaan kepada lawan jenisnya(di mana hal ini sesuai dengan pandangan umum mengenai hubungan antara pria dan wanita). Ketika Ennis bersama dengan Jack, Ennis dapat bermanja kepada Jack. Hal yang sama juga terjadi pada Jack. Ketika bersama dengan Jack, ia bisa bermanja kepada Ennis. Mereka dapat melepaskan ‘topeng’ mereka dan menjadi diri mereka apa adanya tanpa harus mengikuti pandangan umum mengenai sikap pria yang seharusnya ketika berhadapan dengan lawan jenisnya.

Selain itu, bagi Ennis sendiri Jack merupakan satu-satunya orang yang dapat memenuhi kebutuhan dirinya, sehingga ia tidak berusaha mencari orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Sedangkan Jack, ketika pemenuhan kebutuhannya terhambat, ia berusaha mencari orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini ditunjukkan dari perilaku Jack yang pergi ke Meksiko ketika tidak bisa bersama dengan Ennis.

Dari uraian diatas dapat dilihat bahwa Ennis dan Jack sama-sama mencari seseorang yang dapat memenuhi kebutuhan akan penerimaan diri (self acceptance). Self-acceptance berkaitan dengan penerimaan diri individu pada masa kini dan masa lalunya. Seorang individu dikatakan memiliki nilai yang tinggi dalam dimensi penerimaan diri apabila ia memiliki sikap yang positif terhadap dirinya sendiri, menghargai dan menerima berbagai aspek yang ada pada dirinya, baik kualitas diri yang baik maupun yang buruk. Selain itu, orang yang memiliki nilai penerimaan diri yang tinggi juga dapat merasakan hal yang positif dari kehidupannya dimasa lalu (Ryff, 1995). Sebaliknya, seseorang dikatakan memiliki nilai yang rendah dalam dimensi penerimaan diri apabila ia merasa kurang puas terhadap dirinya sendiri, merasa kecewa dengan apa yang telah terjadi pada kehidupannya dimasa lalu, memiliki masalah dengan kualitas tertentu dari dirinya, dan berharap untuk menjadi orang yang berbeda dari dirinya sendiri (Ryff, 1995).

Pada akhir cerita dari film ini, di mana Ennis tidak dapat melupakan Jack dan Brokeback Mountain walaupun Jack telah meninggal. Penghayatan yang dalam serta pengalaman yang dialami menciptakan pengalaman tersendiri bagi Ennis. Oleh karena itu, ketika ia tidak sedang berada di Brokeback Mountain atau ketika melihat foto Brokeback Mountain, ia selalu teringat dengan pengalamannya di Brokeback Mountain bersama Jack Twist

NILAI FILM
  1. Setiap individu memiliki orientasi seksual yang berbeda
  2. Kebijaksanaan akan muncul jika sesorang tengah menghadapi permasalahan yang kompleks, dalam kasus ini Ennis telah memilih jalan unutk meninggalkan istrinya agar ia dan istrinya bahagia dengan jalannya masing - masing.
  3. Mampu untuk menerima kekurangan pasangan
  4. Setiap individu itu unik, karena setiap individu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing - masing.
  5. Kesetiaan timbul tidak harus kepada pasangan yang berjenis kelamin berbeda.

MAKNA FILM

Berusaha untuk dapat lebih tegas pada diri sendiri, dalam kasus ini, jika saja Ennis dapat menolak ajakan Jack Twist untuk melakukan hubungan yang tidak sewajarnya mereka lakukuan ketika berada di Gunung, maka semua hal ini tidak akan terjadi, dan sebagai individu yang telah memiliki pasangan, seharusnya kita setia terhadapa pasangan kita.

5 komentar:

  1. Saya juga suka film ini, kebetulan saya ada koleksinya, silahkan kunjungi blog saya :D
    Brokeback Mountain [ 2005 USA BrRip 1080p anoXmous Audio English Subtitle English, Indonesia 1590 MB ]

    http://www.amadei33.com/2015/04/brokeback-mountain-2005-usa-brrip-1080p.html

    Silahkan kalau mau donlot


    amadei33.com

    BalasHapus
  2. Menurut saya pribadi yah makna dri film ini tuh, ketika ada seseorang yg siap untuk menjadi pendamping hidupnya maka terimalah dan ungkapkan saja jangan di pendam, seperti kelanjutannya mrk saling berbohong bahwa mereka tidak homo, dan selepas itu mereka mencari pelarian dengan cara menikah, Nnah dri sudut pandang sy pribadi jg apabila menikah dengan cara untuk melupakan suatu kejadian itu sangat salah besar karena menikah itu hrus siap akan kehidupan mrk bukannya untuk pelarian sj, di film itu kan yg jdi korban si alma yg tdk tahu bahwa si ennis memiliki orientasi homo. Dan juga si ennis terlalu terbawa cerita oleh sang ayahnya, yg di mana si ennis di perlihatkan mayat yg di potong anu nya gara² dia homo, dan dia pun menjadi sangat trauma berat, Pdhl si jack sdh mengajak dia untuk hidup satu rumah dan mencari sebuah tempat yg aman, cmn gara² si ennis trauma akan cerita itu ia sangat menolaknya. Trus ralat pas kejadian ena² di tendanya, menurut ku emng itu sdh saling suka sebelumnya jg sampai² si ennis memperjuangin atau menggantikan posisi si jack yg udh keliatan lelah. Jdi ya sdh keliatan jg si ennis emng sdh saling suka, mana mungkin kan yg udh saling suka menolak ajakan nya tersebut wkwk. Nnah trus si film ini di ciptain tuh buat warga sadar bahwa para LGBTQ jg sesama manusia jdi perlaku kan lah mrk dng baik, kalo bisa mah ingatkan aja mrk yg ngelakuin LGBTQ jan sampe di bunuh, kalo dari makna sebenarnya sama penulisnya mah😉

    BalasHapus
  3. Walau ini cuma film dan para artis utama nya normal tp tetap saja hatiku terluka waktu nntn film ini ,

    BalasHapus